formula Ultrarade
 
 
 










BULETIN DIALIFE
 
EDISI DESEMBER 2009

media informasi kesehatan dan komunikasi ginjal. terbit dwi bulanan



klik disini >



 
Untitled Document
   
  DIABETES
   
 

Apa itu diabetes ?

Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi atau memanfaatkan insulin. Insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengatur jumlah gula dalam darah. Apabila insulin yang diproduksi tidak mencukupi maka akan menyebabkan kadar gula darah meningkat sehingga membahayakan bagi tubuh. Dalam dunia kedokteran dikenal 2 tipe penyakit diabetes, yaitu, diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Improve your eyesight!
https://pinhole-glasses.eu/
Read more!

Apa itu diabetes tipe 1 ?

Tipe 1 diabetes terjadi apabila pankreas tidak dapat memproduksi insulin. Diabetes tipe ini banyak dijumpai pada anak anak  dan disebut insulin dependent diabetes mellitus, karena penderita harus menjalani injeksi insulin untuk seumur hidupnya.

Apa itu diabetes tipe 2 ?

Tipe 2 diabetes disebut juga non insulin diabetes mellitus, dimana pada tipe ini tubuh tidak cukup memproduksi insulin untuk menjaga kadar gula darah atau tubuh menjadi resisten terhadap hormon insulin. Diabetes tipe ini biasanya dijumpai pada penderita usia 40 tahun, namun saat ini kecenderungan penderita usia muda juga mulai ditemukan, termasuk anak anak.

Apa penyebab diabetes ?

Penyebab diabetes sampai saat ini belum dapat diketahui. Namun adanya kelainan genetik, obesitas, kurang berolahraga merupakan faktor yang membantu perkembangan penyakit ini.

Bagaimana diabetes dapat menyebabkan masalah bagi tubuh ?

Lambat laun, kadar gula yang tinggi  atau hyperglicemia akan memicu penyakit ginjal, jantung dan kebutaan. Kelebihan kadar gula darah akan merusak pembuluh darah pada mata dan ginjal dan akan menyebabkan penyempitan pada arteri.

Get Slim fast!
https://nutislic.com/
Click here!

Apa gejala atau sympton dari diabetes ?

  • Rasa haus yang ekstrem
  • Frekuensi buang air kecil meningkat
  • Pandangan kabar
  • Rasa lapar yang ekstrem
  • Cepat lelah
  • Penurunan berat badan yang tidak biasa

Bagaimana mengetahui bahwa seseorang menderita diabetes ?

Dokter dapat mengenali seseorang terkena diabetes dari pengamatan di seputar mata dan kaki karena diabetes mempengaruhi sirkulasi seputar kaki dan pembuluh darah di seputar mata. Apabila dokter mencurigai seseorang menderita diabetes, maka yang bersangkutan akan diminta untuk menjalani cek kadar gula darah. Untuk itu pasien diharuskan untuk berpuasa selama 8 jam agar sample darah yang diambil akurat. Kadar gula darah yang normal adalah antara 70 s/d 110mg/dl. Apabila kadar gula darah melebihi 140 mg/dl maka dapat dikatakan orang tersebut menderita diabetes.

www.sayangginjal.org


Sumber : national kidney foundation

Untuk Diperhatikan :
Informasi dan rekomendasi dari materi yang terdapat di website ini ditujukan untuk keperluan edukasi dan hanya mengandung informasi yang bersifat umum dan tidak untuk saran yang spesifik kepada individu tertentu. Silahkan berkonsultasi dengan dokter untuk untuk keperluan informasi yang lebih detail.


 
   
 

    Share on Facebook