formula Ultrarade
 
 
 








BULETIN DIALIFE
 
EDISI DESEMBER 2009

media informasi kesehatan dan komunikasi ginjal. terbit dwi bulanan



klik disini >



 
Untitled Document
   
 
   
  Sebelum Anda Mulai....  
   
  Pembuatan website ini berawal dari keprihatinan kami atas minimnya informasi – informasi seputar gagal ginjal khususnya dalam bahasa indonesia yang sangat jarang sekali dapat di temui di media internet. Padahal kami sangat yakin banyak sekali penderita maupun keluarga maupun masyarakat yang sangat awam dengan penyakit gagal ginjal ini dan haus akan informasi seputar ginjal.

Informasi yang masuk dalam website ini berasal dari berbagai sumber baik dari luar negeri , terutama dari website – website yang kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi seperti National Kidney Foundation, Davita, Kidney School, kidney Health Australia. dll maupun sumber dalam negeri berupa tulisan – tulisan, artikel dari ahli ginjal, ahli gizi maupun pihak – pihak lain yang terkait dengan ginjal.

Informasi dalam website ini akan terus kami update setiap minggunya. Kami membuka pintu selebar lebarnya bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam menyumbangkan tulisan, artikel, tips, maupun pengalaman seputar ginjal yang akan menjadi pelajaran berharga bagi pembaca lainnya. Selain itu saran dan kritik terkait isi, tulisan dalam website ini juga kami sangat harapkan agar website ini benar – benar dapat menjadi referensi yang terjaga kualitasnya.

Kami berharap website yang sederhana ini nantinya akan menjadi pelepas dahaga bagi masyarakat yang memerlukan informasi kesehatan khususnya mengenai gagal ginjal.
Get Slim fast!
https://nutislic.com/
Click here!
 
     
 

KIAT MENGHADAPI BENCANA ALAM BAGI PASIEN DIALISIS

 
 


Tidak ada yang dapat meramal terjadinya suatu bencana alam. Bencana dapat saja terjadi kapan saja dan dimana saja. Sebagai negara yang dikenal sebagai rawan bencana alam, sudah selayaknya persiapan menghadapi bencana alam menjadi suatu keharusan bagi semua penduduk, tidak terkecuali penderita gagal ginjal terminal.

 
 

 
     
 

TIPS SAAT KONDISI DROPS KETIKA HD (Patient Tips)

 
 


Sebelum HD saya selalu mempersiapkan empat bungkus arem-arem, ukuran kue lemper, untuk HD selama 4 jam. Saya pilih arem-arem, karena itu yang bisa saya makan sendiri tanpa bantuan orang lain. Bisa juga roti atau nasi kalo ada yang menyulang.

 
 

 
     
 

MENIKMATI LEBARAN TANPA SESAK NAFAS

 
 


Lebaran / Idul Fitri merupakan hari yang dinanti, di dalamnya kita saling bertemu dengan saudara dan handai taulan. Di dalamnya juga tersaji berbagai makanan yang bervariasi dan menggugah selera. Kondisi ini terkadang membuat kita lupa sehingga mengkonsumsi makanan dengan berlebihan. Nah, untuk tema

 
 

 
     
 

TIPS TRAVELING BAGI PASIEN DIALISIS

 
 


Travelling untuk sebagian pasien dialisis bukan lagi merupakan hal yang menyenangkan. Rasa takut dan kurangnya percaya diri pasien saat harus bepergian jauh dari tempat pasien melakukan dialisis seringkali menjadi penyebab pasien membatasi untuk bepergian. Namun sebenarnya dengan beberapa persiapan kecil seperti dibawah ini, pasien tetap

 
 

 
     
 

TIPS MENGELOLA ANEMIA UNTUK PASIEN DIALISIS

 
 


Penanganan anemia bagi pasien dialisis dlakukan dengan terapi eritropoetin. Selain itu, beberapa tips dibawah ini dapat membantu pasien untuk mengelola anemia paling tidak dapat mengurangi rasa lelah yang ekstrem

 
 

 
     
 

TIPS MERAWAT AKSES VASKULAR CIMINO PADA PASIEN HEMODIALISA

 
 


Akses vaskular cimino (fistula) merupakan akses yag paling direkomendasikan bagi pasien hemodialisis. Akses vaskular cimino yang berfungsi dengan baik akan berpengaruh pada adekuasi dialisis.

 
 

 
     
 

TIPS MEMBATASI ASUPAN CAIRAN

 
 


Penderita gagal ginjal terminal diharuskan untuk mengontrol asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Beberapa tips dibawah ini diharapkan dapat membantu penderita mambatasi asupan cairannya.

 
 

 
     
 

TIPS MENGURANGI KALIUM PADA SAYUR DAN BUAH

 
 


Pada pasien hemodialisa umumnya terjadi hiperkalemi (tingginya kadar kalium dalam darah). Hal ini akan berdampak timbulnya rasa sesak. Sehingga dalam pengaturan diet (makanan), pasien sering merasa takut untuk mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung kalium.